lexa
Blog Universitas Komputer Indonesia

"Google Panda" Si Detektif Penjaring

"Google Panda" Si Detektif Penjaring
Adakah yang masih asing mendengar kata Google Panda? Saya termasuk yang masih asing mendengar nama ini. Setelah membaca blog sana-sini,saya akhirnya mulai memahami. Apa itu Google Panda? Adalah algoritma yang diluncurkan oleh google sebagai suatu hukuman dari google pada sebuah situs blog berupa penurunan ranking,serta penurunan pada SERP (search engine result page). Bisa dibilang detektifnya google,yang bertugas untuk menjaring dan melenyapkan blog yang tidak memiliki kualitas maupun blog yang banyak hasil copasan dari blog orang lain.
 
Mengapa perlu ada algoritma semacam ini? Hal ini dikarenakan banyaknya keluhan dari para pengunjung blog yang ingin mencari informasi dengan mengetikkan keyword,namun ketika link terbuka,yang didapat bukanlah informasi yang dibutuhkan. Dengan selalu mengupdate algoritma dengan yang lebih canggih semacam Google Panda ini,diharapkan para blogger menjadi lebih sportif dalam membuat artikel yang memberikan manfaat bagi para pengunjungnya. Serta menghargai para blooger lain dengan tidak mengcopy paste begitu saja dari blog tetangga.
 
Apa yang menyebabkan blog kita diberi hukuman sama detektif ini? Yaitu bila kita melanggar aturan yang dibuat oleh si panda ini. Misalnya artikel yang kita tulis memiliki banyak sekali kesamaan dengan blog dari banyak orang,maka siap-siap artikel kita terkena amukan si panda ini. Selain itu,ada kalanya juga bila artikel yang kita buat sudah orisinil ,tetapi tulisan tersebut kurang dari 400 kata,konon akan kena hukuman juga. Sadis juga yah Panda yang satu ini.
 
Bagaimana sistem kerja si detektif Google Panda ini? Ternyata si detektif ini bekerja dengan cara menseleksi tulisan blog yang bermanfaat bagi para pembacanya,selain itu,tingkat orisinalitas juga diperhitungkan oleh si Panda ini. Bila tulisan yang kita buat pada blog ternyata ada unsur kesamaan dengan blog orang lain,ataupun ada sistem copy paste tanpa meyertakan atribut link sebagai sumber inspirasi,maka blog kita akan terjerat oleh si Panda ini,dan rating kita akan menurun drastis. Bahkan lebih fatalnya lagi,blog kita bisa saja dihapus dari mesin pencarian,sehingga tidak terdaftar lagi.
 
Ternyata ada lagi loh algoritma lain yang hampir mirip dengan google panda,namanya google pinguin. Tugasnya pun kurang lebih sama dengan algoritma terdahulunya,namun memiliki kriteria tambahan tersendiri,yang tentunya lebih canggih lagi dalam menangkap kasus kecurangan para blogger.
 
Jadi,bila ingin menulis artikel,cobalah buat seorisinil mungkin agar tidak kena hukuman dari si panda ini,misalnya pun kita curi-curi dikit ilmu dari blog tetangga,usahakan kita tuangkan lagi dengan bahasa kita walaupun sebenarnya pesan yang dimaksudkan adalah sama.
 
Selamat mencoba.
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 22 Oktober 12 - 00:51 WIB
Dalam Kategori : GOOGLE PANDA
Dibaca sebanyak : 854 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback